Hubungan Metode Pembelajaran dengan Partisipasi Warga Belajar pada Life Skill Pembuatan Boyok (Bakul) dari Rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok

Alpianti, Alpianti (2014) Hubungan Metode Pembelajaran dengan Partisipasi Warga Belajar pada Life Skill Pembuatan Boyok (Bakul) dari Rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ALPIANTI_01298_2345_2014.pdf] Text
B1_4_ALPIANTI_01298_2345_2014.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya partisipasi warga belajar life skill pembuatan bakul dari rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok, dimana pada saat pembelajaran berlangsung hanya sebagian kecil warga belajar yang hadir. Penulis menduga penyebabnya metode pembelajaran (demonstrasi) yang digunakan oleh sumber belajar tidak terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan metode pembelajaran (demonstrasi) dan menggambarkan partisi- pasi warga belajar pada life skill pembuatan bakul dari rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok, serta hubungan antara keduanya. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional, karena ingin mengetahui hubungan antara variabel, jenis data adalah data tentang metode pembelajaran dan data partisipasi warga belajar life skill pembuatan bakul dari rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok yang berjumlah 30 orang, jumlah populasi 30 orang semua dijadikan sampel dengan teknik penarikan sampling jenuh. Teknik pengumpul data adalah angket, sedangkan alat pengumpulan data adalah kuesioner. Variabel penelitian adalah metode pem-belajaran (variabel X) dan partisipasi warga belajar life skill (variabel Y) data di-olah menggunakan rumus persentase untuk melihat gambaran dan rumus product moment untuk melihat hubungan kedua variabel. Dari hasil penelitian terlihat bahwa: (1) Metode pembelajaran (demonstrasi) life skill pembuatan bakul dari rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok diklasifikasikan pada kategori kurang baik. (2) Partisipasi warga belajar life skill pembuatan bakul dari rotan di Jorong Lembang Kabupaten Solok diklasifikasikan pada kategori rendah (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajara dengan partisipasi warga belajar pada life skill pembuatan bakul di Jorong Lembang Kabupaten Solok, dimana r hitung lebih besar dari r tabel. Saran yang dapat disampaikan adalah kepada sumber belajar agar meningkatkan pema- haman serta pengetahuan dan keaktifannya dalam pembelajaran life skill terutam dalam penggunaan metode pembelajaran agar partisipasi warga belajar meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Partisipasi Warga
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 09 May 2025 08:17
Last Modified: 09 May 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item
View Item