Safyana, Lola Indra (2012) Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri 10 Ganting Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_LOLA _INDRA _SAFYANA_03586_2167_2012.pdf [thumbnail of B1_04_LOLA _INDRA _SAFYANA_03586_2167_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_LOLA _INDRA _SAFYANA_03586_2167_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti terhadap fenomena yang terjadi di SDN 10 Ganting Kota Padang, bahwa hasil belajar Penjasorkes cenderung rendah. Masalah ini diduga disebabkan karena beberapa faktor, yang salah satunya adalah rendahnya motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SDN 10 Ganting Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2011. Adapun tempat penelitian adalah di SDN 10 Ganting Kota Padang. Populasi penelitian berjumlah 420 orang, teknik pengambilan sampel diambil dengan Purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 63 orang siswa. Data tes motivasi diambil dengan angket atau kuesioner, sedangkan hasil belajar Penjasorkes, diambil dengan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan rumus korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan antara motivasi (X) dengan hasil belajar Penjasorkes siswa (Y) SDN 10 Ganting Kota Padang, ini ditandai dengan hasil yang diperoleh yakni t hitung = 4,686 > t = 1, 671 pada taraf signifikansi a = 0,05. Dengan demikian motivasi pada seorang siswa sangat dibutuhkan dalam mencapai hasil belajar Penjasorkes yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Hasil Belajar |
Subjects: | S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 09 May 2025 08:07 |
Last Modified: | 09 May 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10509 |