Faradisya, Popy Purna (2019) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Bahasa Isyarat Arab bagi Siswa Tunarungu. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_POPY_PURNA_FARADISYA_1300152_5412_2019.pdf [thumbnail of B1_2_POPY_PURNA_FARADISYA_1300152_5412_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_POPY_PURNA_FARADISYA_1300152_5412_2019.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang peneliti temukan di
SLB Negeri 1 Pariaman, seorang siswa tunarungu mengalami masalah dalam
mengenal huruf hijaiyah. Kemampuan siswa tergolong rendah. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahasa isyarat Arab mampau meningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah bagi siswa tunarungu.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Penilaian dalam penelitian ini dengan pencatatan data jumlah soal yang dijawab benar.
Hasil penelitian pada kondisi baseline (A) siswa memperoleh hasil yang rendah pada kondisi intervensi (B) siswa mengalami peningkatan kemampuan yang tajam dan pada kodisi baseline (A2) siswa mengalami peningkatan kemampuan namun tidak terlalu signifkan. Berdasarkan data tersebut
menunjukkan bahwa, bahasa isyarat Arab dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 09 May 2025 07:59 |
Last Modified: | 09 May 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10475 |