Fitria, Rona (2012) Proses Pembelajaran di SDN 18 Koto Luar Kecamatan Pauh Padang (SETTING INKLUSI). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RONA_FITRIA_01118_5641_2012.pdf [thumbnail of B1_2_RONA_FITRIA_01118_5641_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RONA_FITRIA_01118_5641_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari mulainya diadakan penggabungan dalam
belajar mengajar antara anak berkebutuhan khusus dengan anak normal
lainnya,di sekolah biasa. Anak berkebutuhan khusus yang biasanya
ditempatkan pada sekolah khusus atau yang dikenal dengan Sekolah Luar
Biasa (SLB) sekarang sudah dapat bersekolah di sekolah biasa atau dalam
artiannya mereka tidak lagi dipisah dari anak-anak lainnya yang dikenal
dengan pendidikan inklusi). Untuk melihat bagaimana pelaksanaan layanan
pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus maka dilakukanlah
penelitian yang berbentuk deskriptif kualitatif,yang dapat dirumuskan
masalahnya yaitu bagaimanakah proses pembelajaran di SDN 18 Koto Luar
Kecamatan Pauh Padang dalam setting inklusi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan
tujuan untuk menggambarkan gejala yang terjadi sebagaimana
adanya.Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
observasi,wawancara,dan studi dokumentasi,sedangkan yang menjadi
sumber data yaitu kepala sekolah,guru kelas,serta guru pembimbing khusus.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa pembelajaran bagi anak
berkebutuhan khusus sudah terlaksana cukup baik dan anak juga dapat
belajar bersama dengan anak lainnya secara biasa,meskipun masih terdapat
kendala-kendala dalam hal ini.Kendala-kendala yang dihadapi dalam
pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di SDN 18 Koto Luar Pauh
Padang yaitu di dalam kelas guru belum menggunakan metode yang
bervariasi,guru kurang memahami cara membelajarkan anak berkebutuhan
khusus di dalam kelas,kurangnya kerjasama antara guru kelas dengan guru
pembimbing khusus ,serta guru tidak ada melakukan penilaian produk dan
penilaian fortofolio. Usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam
pembelajaran di atas adalah dengan lebih meningkatkan kerjasama antara
guru kelas, guru pembimbing khusus, dan orang tua serta menambah
pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus dan juga bagaimana cara
memberikan penilaian sesuai tingkat kemampuan anak.
Berdasarkan temuan tersebut, ada beberapa saran agar hendaknya
sekolah lebih meningkatkan kerjasama dengan guru kelas dalam melayani
anak berkebutuhan khusus dan menggunakan metode yang bervariasi dalam
kegiatan pembelajaran serta melakukan penilaian produk dan fortofolio
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 09 May 2025 07:00 |
Last Modified: | 09 May 2025 07:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10465 |