Elida, Elida (2014) Kontribusi Persepsi Siswa tentang Penggunaan Media Gambar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELIDA_1104013_928_2014.pdf [thumbnail of B1_1_ELIDA_1104013_928_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_ELIDA_1104013_928_2014.pdf
Download (649kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukapkan dan menganalisis
(1)
Kontribusi persepsi siswa tentang penggunaan media gambar terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air Santok
Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman.
(2) Kontribusi motivasi belajar
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air
Santok Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. (3) Kontribusi persepsi siswa
tentang penggunaan media gambar dan motivasi belajar secara bersama-sama
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air
Santok Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman
Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas V di Gugus II SD Inti 05 Air Santok Kecamatan Pariaman
Timur Kota Pariaman yang berjumlah sebanyak 153 orang. Jumlah sampel
penelitian adalah 111 orang siswa.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:
(1) Persepsi siswa tentang
penggunaan media gambar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur
Kota Pariaman dengan koefisien regresi sebesar 0,640 dan koefisien determinasi
sebesar 0,395 (2) Motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pada
mata pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur
Kota Pariaman dengan koefisien regresi sebesar 0,487 dan koefisien determinasi
sebesar 0,404 (3) Persepsi siswa tentang penggunaan media gambar dan motivasi
belajar secara bersama-sama berkontribusi terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur
Kota Pariaman dengan koefisien regresi masing-masing variabel sebesar 0,347
dan 0,268 serta nilai koefisien determinasi sebesar 0,451.
Penelitian ini menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA di Gugus II SD Inti 05 Air Santok Kecamatan
Pariaman Timur Kota Pariaman adalah bahwa persepsi siswa tentang penggunaan
media gambar dan motivasi belajar. Jika siswa memiliki persepsi yang baik
terhadap penggunaan media gambar oleh guru dan siswa memiliki motivasi yang
tinggi dalam belajar maka hasil belajar siswa tersebut juga akan tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 08 May 2025 09:08 |
Last Modified: | 08 May 2025 09:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10391 |