Pengaruh Advertising terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Taman Sari Padang

Hasan, Siti Fatimah (2017) Pengaruh Advertising terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Restoran Taman Sari Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SITI_FATIMAH_HASAN_1302625_5196_2017.pdf] Text
B1_04_SITI_FATIMAH_HASAN_1302625_5196_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap tingkat kunjungan tamu di restoran Taman Sari Padang yang tidak stabil, ini diduga promosi yang mulai menurun yang disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu kegiatan advertising.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertising dengan keputusan pembelian di restoran Taman SariPadang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kausal assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang datang dan melakukan pembelian di restoran Taman Sari. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, yaitu orang yangmengetahui restoran Taman Sari melalui advertising maka dapat digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis koefisien kolerasi, analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Advertising berada pada kategori baik (52,29%), (2) Keputusan pembelian berada pada kategoricukup baik (56,81%), (3) hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F 5 hitung 7,840dengan sig. 0,006. Artinyadengan signifikan 0,006< 0,05 maka variabel X dapat menjelaskan variabel Y secara signifikan. Jadi variabel advertising mempengaruhi variabel keputusan pembelian. Selanjutnya dengan R square sebesar 0,084, artinya pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 8,4%, sedangkan 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Advertising, Keputusan Pembelian, Restoran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 08 May 2025 07:10
Last Modified: 08 May 2025 07:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10361

Actions (login required)

View Item
View Item