Pengaruh Sarana Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh

Juniva, Silzia (2017) Pengaruh Sarana Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SILZIA_JUNIVA_1206318_5012_2017.pdf] Text
B1_04_SILZIA_JUNIVA_1206318_5012_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh, peneliti menemukan: kurangnya kafe atau rumah makan yang tersedia di objek wisata, sulitnya pengunjung mencapai lokasi karena tidak tersedianya sarana transportasi wisata, adanya keluhan pengujung mengenai ketidakpuasan terhadap kondisi sarana wisata di objek wisata, tidak terawatnya taman dikawasan objek wisata yang membuat tidak enak di pandang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh sarana wisata terhadap kepuasan pengunjung di Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh Jenis penelitian ini digolongkan kepada assosiatif kuasal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah mengunjungi Objek Wisata Ngalau Indah Kota Payakumbuh. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Nonproblability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis dengan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sarana Wisata berada pada kategori cukup (63,9%), (2) Kepuasan Pengunjung berada pada kategori kurang puas (86,6%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F i hitung 4.337 dengan taraf sig. 0,039 < 0,05, maka variabel sarana wisata dapat menjelaskan variabel kepuasan pengunjung secara signifikan. Selanjutnya dengan R Square sebesar 0,044. Artinya sarana wisata mempengaruhi kepuasan pengunjung sebesar 4,41%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sarana Wisata dan Kepuasan Pengunjung
Subjects: G Geography
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 08 May 2025 07:04
Last Modified: 08 May 2025 07:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10333

Actions (login required)

View Item
View Item