Hubungan Kelengkapan Fasilitas Gambar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Menggambar Teknik Listrik (MGTL) Siswa Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 5 Solok Selatan Tahun Ajaran 2010/2011

Afrizon, Afrizon (2012) Hubungan Kelengkapan Fasilitas Gambar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Menggambar Teknik Listrik (MGTL) Siswa Kelas X Jurusan TITL SMK Negeri 5 Solok Selatan Tahun Ajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_AFRIZON_65458_995_2012.pdf] Text
B1_4_AFRIZON_65458_995_2012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kelengkapan Fasilitas Gambar merupakan faktor pendukung dalam aktivitas proses pembelajaran menggambar teknik di ruang belajar. Dengan tersedianya Fasilitas Gambar, siswa akan memperoleh pengalaman sekaligus keterampilan menggambar sesuai dengan tujuan instruksional dalam kurikulum yang telah ditentukan. Ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat Kelengkapan Fasilitas Gambar maka hasil belajar belajar mata diklat Menggambar Teknik Listrik yang diperoeh siswa akan semakin bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kelengkapan Fasilitas Gambar (X) dengan Hasil Belajar Mata Diklat Menggambar Teknik Listrik (MGTL) (Y) Siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 5 Solok Selatan Semester II Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan pengamatan penulis sewaktu melaksanakan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) di SMK Negeri 5 Solok Selatan pada bulan Oktober 2009 s.d Maret 2010, masih banyak sarana dan prasarana penunjang kegiatan proses belajar siswa di sekolah yang tidak lengkap, diantaranya Fasilitas Gambar yang tidak lengkap dan tidak memenuhi standar sehingga mengakibatkan hasil belajar kurang maksimal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X TITL 1 Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 5 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun 2010/2011 yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan melihat hubungannya terhadap hasil belajar. Angket berupa butir item yang berjumlah 26 butir. Dari data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t didapat t hitung = 4,17 sedangkan t tabel = 2,101, berarti t hitung > t tabel didapat KP sebesar 62,9% sehingga dapat dikatakan hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata 95% dan juga didapat besarnya nilai sumbangan Kelengkapan Fasilitas Gambar terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Listrik (MGTL) adalah sebesar 62,9%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Fasilitas Gambar, Hasil Belajar Mata Diklat Menggambar Teknik Listrik (MGTL).
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 08 May 2025 06:58
Last Modified: 08 May 2025 06:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item
View Item