Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Pantai Air Manis Padang

Marselina, Serli (2022) Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Pantai Air Manis Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SERLI_MARSELINA_18135330_3509_2022.pdf] Text
B1_04_SERLI_MARSELINA_18135330_3509_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pra peneliti berupa wawancara dengan beberapa pengunjung yang datang ke Pantai Air Manis pada tanggal 18 februari 2022, mengatakan bahwa terdapat minat berkunjung untuk melakukan kunjungan wisata ke Pantai Air Manis akan tetapi pengunjung tersebut belum pernah menikmati keindahan wisata di Pantai Air Manis secara langsung. Sehingga pengunjung mencari informasi tentang Pantai Air Manis di instagram, pengunjung melihat postingan di akun instagram Pantai Air Manis yang memaparkan pemandangan yang indah dan feed foto dengan latar belakang pantai. Hal ini membuat pengunjung mempertimbangkan minat berkunjung di Pantai Air Manis. Tujuan peuntuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Minat Berkunjung di Pantai Air Manis Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode asosiatif kausal. Penelitian ini di laksanakan di destinasi wisata Pantai Air Manis Padang yang beralamat di Jl. Malin Kundang, Air Manis, Kecamatan. Padang Selatan. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas / independent yaitu electronic word of mouth dan variabel terikat / dependent yaitu minat berkunjung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probabillity sampling, dengan total sampel 100 orang responden dari total populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data, pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Electronic word of mouth (X) dari indikator yang telah ditentukan menunjukan bahwa secara keseluruhan dengan nilai presentase 46% pada rentang 43,3- <51,9 dengan kategori baik. 2) Minat berkunjung (Y) dari indikator yang telah ditentukan menunjukan secara keseluruhan dengan nilai presentase 42% pada rentang ≥ 43,95 dengan kategori sangat baik. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel electronic word of mouth (X) terhadap minat berkunjung (Y) di Pantai Air Manis Padang dengan koefisien regresi sebesar sebesar 0,489 dan nilai signifikansi 0,000 <0,05 dimana setiap peningkatan 1 satuan electronic word of mouth (X) akan meningkatkan 0,489 satuan minat berkunjung (Y). Selanjutnya diperoleh nilai R square sebesar 0,448, artinya variabel X terhadap variabel Y adala sebesar 44,0%. Sedangkan 56,0% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Minat Berkunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 08 May 2025 05:46
Last Modified: 08 May 2025 05:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item
View Item