Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya.

Fitri, Ridha Ahsanul (2021) Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RIDHA_AHSANUL_FITRI_16124066_435_2023 (24 Jan).pdf] Text
B1_01_RIDHA_AHSANUL_FITRI_16124066_435_2023 (24 Jan).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan minat belajar siswa dengan menggunakan ModelQuantum Teaching dan menggunakan model pembelajaran konvensional dan 2) perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan ModelQuantum Teaching dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy
eksperiment.Populasinya adalah siswa kelas V SDN 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan didapat kelas VCSDN 08 Pulau Punjung sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas VA SDN 08 Pulau Punjung sebagai kelas konrol
dengan jumlah siswa 22 orang.Data penelitian dikumpulkan berupa minat dan hasil belajar siswa.Analisis data menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan minat belajar siswa yang signifikan yang diajar menggunakan ModelQuantum Teaching dengan minat belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 4,5259 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,0189) dan (2) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar menggunakan Model Quantum Teaching dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 2,0668 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,0189). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh ModelQuantum TeachingTerhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Gugus 08 Pulau Punjung Kab. Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 08 May 2025 02:54
Last Modified: 08 May 2025 02:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item
View Item