Dewi, Mega Silvia (2012) Penggunaan Aplikasi Adobe Photoshop dalam Meningkatkan Keterampilan Editing Foto bagi Anak Tunarungu Kelas IX SMPLB Wacana Asih Padang: Single subject research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MEGA_SILVIA_DEWI_03961_4334_2012.pdf [thumbnail of B1_2_MEGA_SILVIA_DEWI_03961_4334_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MEGA_SILVIA_DEWI_03961_4334_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah yang peneliti temukan di
lapangan yaitu pada seorang siswa tunarungu kelas IX SMPLB di SLB Wacana
Asih yang mempunyai kemampuan dalam bidang komputer, seperti mengoperasi
aplikasi microsoft word, microsoft power point, pain, dll. Dari kemampuan
tersebut peneliti ingin meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam bidang
komputer dengan penggunaan aplikasi adobe photoshop dalam melakukan editing
foto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single
subjeck research (penelitian subjek tunggal), dengan desain A-B dan teknik
analisis datanya menggunakan analisis visual grafis. Subjek penelitian ini adalah
anak tunarungu. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan mengukur persentase
kemampuan siswa dalam melakukanketerampilan editing foto dengan
menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop.
Dari hasil penelitian dapat dilihat pada kondisi baseline yang dilakukan
dalam enam kali pertemuan, siswa hanya mampu mendapatkan skor 18% di
pertemuan pertama, dengan hasil bisa satu indikator, bisa dengan bantuan tiga
indikator dan tidak bisa sepuluh indikator. Pertemuan kedua36%, dengan hasil
bisa tiga indikator, bisa dengan bantuan empat indikator dan tidak bisa tujuh
indikator. Pertemuan keempat sampai ke enam mendapatkan skor 18% dengan
hasil bisa satu indikator, bisa dengan bantuan tiga indikator dan tidak bisa sepuluh
indikator, grafik menunjukkan kestabilan.
Setelah diberikan perlakuan pada kondisi intervensi maka kemampuan
siswa dalam melakukan langkah-langkah editing foto meningkat, data
menunjukkan kestabilan dari pertemuan ke tujuh sampai pertemuan ke limabelas
dengan skor tertinggi 100%, dengan hasil siswa mampu mengerjakan semua
indikator.Dapat disimpulkan bahwapenggunaaan Aplikasi Adobe Photoshop dapat
meningkatkan keterampilan editing foto anak tunarungu kelas IX SMPLB
Wacana Asih Padang. Disarankan kepada kepala sekolah dan guru untuk
menjadikan hasil penelitian ini sebagai acuan untuk pengembangan pelajaran
komputer di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:43 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10253 |