Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C diSLB Bina Nagari Tarusan

Putri, Mega Gustina (2016) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Global pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV/C diSLB Bina Nagari Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MEGA_GUSTINA_PUTRI_1100254_451_2016 1.pdf] Text
B1_2_MEGA_GUSTINA_PUTRI_1100254_451_2016 1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan seorang anak di kelas
IV/C yang mengalami kesulitan dalam membaca, hal ini terlihat dari hasil
pengamatan anak mengalami kesulitan dalam membaca kata yang terdapat
penggabungan huruf konsonan. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini
bertujuan untuk membuktikan metode Global dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan pada anak tunagrahita ringan kelas IV/C di SLB Bina Nagari
Tarusan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan metode
Single Subject Research ( SSR ), dengan desain A-B dan teknis analisis datanya
menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian siswa tunagrahita ringan
Kelas IV/C, anak disuruh membaca satu sampai tiga kata sebanyak 10 soal setiap
kali pengamatan. Penilaian dalam penelitian ini yaitu dengan pencatatan data yang
dibaca benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan presentase.
Kondisi baseline (A) pengamatan dilakukan tujuh kali dengan mean level
28% dan kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan delapan kali dengan mean
level 60%,. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi
kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang
menunjukkan peningkatan kemampuan dalam membaca permulaan secara positif.
Overlap data pada analisis antar kondisi pada kondisi baseline (A) dan intervensi
(B) adalah 12,5%, ini menunjukkan semakin kecil persentase overlape maka
semakin baik pengaruh intervensi terhadap perubahan target behavior dalam
penelitian ini. Berdasarkan analisis data tersebut, menunjukkan bahwa metode
Global dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak
tunagrahita ringan kelas IV/C di SLB Bina Nagari Tarusan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 08 May 2025 02:41
Last Modified: 08 May 2025 02:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10249

Actions (login required)

View Item
View Item