Cynthia, Cindy (2018) Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Tamu Menginap di Hotel Pangeran City Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_CINDY_CYNTHIA_1302621_1110_2018.pdf [thumbnail of B1_03_CINDY_CYNTHIA_1302621_1110_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_CINDY_CYNTHIA_1302621_1110_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap keputusan menginap di Hotel Pangeran City Padang berdasarkan target kamar terjual yang telah ditentukan hotel adalah sebesar 2.500 kamar per bulan, namun pada kenyataannya hanya sebasar 1792 kamar per bulan , hal ini belum sesuai dengan target kamar terjual pada tingkat hunian kamar di Hotel Pangeran City Padang. Penelitian ini terdiri dari 4 indikator bauran promosi : iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung, dan terdiri dari 5 indikator keputusan menginap : pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi internatif, keputusan membeli, dan prilaku sesudah membeli. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan tamu menginap di Hotel Pangeran City Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif pendekatan assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu individu di Hotel Pangeran City Padang. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposive, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis koefisien kolerasi, analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bauran Promosi yang digunakan di Hotel Pangeran City meliputi, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung, dari hasil penelitian Bauran Promosi berada pada kategori baik (72%), (2) Keputusan Menginap berada pada kategori cukup (58%), (3) hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh Fhitung 34,539 dengan sig. 0,00. Artinya dengan signifikan 0,00 < 0,05 maka variabel Bauran Promosi (X) dapat menjelaskan variabel Keputusan Menginap (Y) secara signifikan. Jadi variabel Bauran Promosi mempengaruhi variabel Keputusan Menginap. Selanjutnya dengan R square sebesar 0,277 artinya pengaruh variable Bauran Promosi (X) terhadap variabel Keputusan Menginap (Y) adalah sebesar 27,7%, sedangkan 72,3% dipengaruhi oleh faktor lain di antaranya produk, harga, dan lokasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran promosi, Keputusan menginap |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 06 May 2025 05:15 |
Last Modified: | 06 May 2025 05:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10124 |