Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMA N 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok

Ananda, Septivana Tia (2022) Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sosiologi Kelas XI IPS SMA N 1 Payung Sekaki Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_SEPTIVANA_TIA_ANANDA_17058089_2909_2022.pdf] Text
B1_04_SEPTIVANA_TIA_ANANDA_17058089_2909_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Sosiologi dengan keterbatasan bahan ajar yang menimbulkan peseta didik kesulitan untuk mencari materi, selain itu hasil belajar yang kurang memaskan. Maka dari itu, perlu dirancang bahan ajar yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan mencapai penguasaan materi. Salah satu bahan ajar yang dapat menunjang mata pembelajaran Sosiologi adalah bahan ajar LKPD berbasis discovery inquiry. Penelitian pengembangan LKPD ini merupakan penelitian dengan jenis RND dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas: (1) analysis (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Penelitian ini didasarkan teori konstruktivisme yaitu membangun tata susunan hidup budaya modern yang melalui keterlibatan peserta didik untuk aktif dalam konstruksi makna dan pengetahuan. Berdasarkan penerapan LKPD peserta didik diperoleh pretest dengan rata-rata 76 dan posttest rata-rata 89,8, sehingga terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar LKPD berbasis discovery inquiry. Kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifivitas, Berfikir Kritis, Discovery Inquiri, Pembelajaran Sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 06 May 2025 05:14
Last Modified: 06 May 2025 05:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10114

Actions (login required)

View Item
View Item