Salmi, Afdhal (2013) Pengaruh Media Video Berbasis Windows Movie Maker terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi pada Kelas X di SMA N 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_AFDHAL_SALMI_89324_5232_2013.pdf [thumbnail of B1_4_AFDHAL_SALMI_89324_5232_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_AFDHAL_SALMI_89324_5232_2013.pdf
Download (532kB)
Abstract
Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Enam Lingkung pada pemahaman fakta diakibatkan belum mampunya siswa untuk bisa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri dan merubah suatu bentuk representatif berupa fakta atau fenomena ke dalam bentuk konsep sosiologi, sehingga hanya sedikit siswa yang mampu untuk menginterpretasi atau memberi nama lain sebuah fenomena yang ditampilkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan media video berbasis windows movie maker agar dalam pembelajaran siswa terbiasa untuk menginterpretasi fakta karena media ini berisikan fakta atau fenomena sosial yang berkaitan dengan materi sosiologi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh media video berbasis windows movie maker terhadap hasil belajar sosiologi SMA Negeri 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak sepuluh kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random dengan teknik random kelompok. Dari populasi yang ada diambil dua kelas sampel yaitu X sebagai kelas kontrol dan kelas X eksperimen. Untuk menganalisis temuan, peneliti menggunakan teori konstruktivisme. Teori ini mengemukakan bahwa pengetahuan kita adalah konstruksi (bentukan) kita sendiri, pengetahuan itu tidak bisa dipindahkan begitu saja dari otak seseorang ke kepala orang lain. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial yang terdiri dari uji hipotesis melalui uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (66,25) lebih tinggi dari kelas kontrol (49,50). Kemudian dari uji hipotesis diperoleh nilai t yaitu 2,980 dengan t tabel 2 = 2,00. Uji t juga dilakukan untuk skor setiap komponen materi pengendalian sosial. Pada uji t menginterpretasi fakta tentang pengertian diperoleh t = 2,103 dengan t tabel = 2,00, pada fakta tentang ciri – ciri diperoleh t = 2,095 dengan t tabel = 2,00, pada fakta tentang sifat – sifat diperoleh t hitung hitung 8 = 2,246 dengan t = 2,00, pada fakta tentang tujuan diperoleh t hitung = 2,082 dengan t = 2,00, pada fakta tentang jenis – jenis diperoleh t hitung = 2,169 dengan t tabel tabel = 2,00, pada fakta tentang akibat diperoleh t hitung = 2,169 dengan t = 2,00 dan pada fakta tentang cara – cara pengendalian sosial diperoleh t hitung tabel = 2,306 dengan t =2,00. Dari hasil uji t pada setiap komponen materi dapat disimpulkan bahwa hipotesis, terdapat pengaruh media video berbasis windows movie maker terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Enam Lingkung diterima. Dengan demikian media video berbasis windows movie maker dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X khususnya pada aspek pemahaman fakta.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Windows Movie Maker, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 05 May 2025 07:17 |
Last Modified: | 05 May 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/10054 |