Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang

Harisa, Fitri (2024) Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_FITRI_HARISA_20016074_4185_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Penelitian ini menggunakan tiga teori utama. Ketiga teori itu digunakan dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks berita. Kedua, model Project Based Learning berbantuan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita. Ketiga, pengaruh model Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks berita siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan bentuk the posttest only control group design. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks berita pada sampel. Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar memperoleh rata rata sebesar 61,02 dengan kualifikasi Cukup (CK). Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa setelah melakukan pembelajaran menulis teks berita menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar memperoleh rata rata sebesar 84,68 dengan kualifikasi Baik (BK). Ketiga, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks berita. Hal ini dapat dilihat nilai t hitung > t tabel (9,77 > 1,69) pada taraf signifikansi α yaitu 0,05 dan taraf kepercayaan sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorAbdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Oct 2024 05:00
Last Modified: 28 Oct 2024 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54822

Actions (login required)

View Item View Item