Harisa, Fitri
(2024)
Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media
Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri
11 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut.
Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP
Negeri 11 Padang tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantuan
media gambar. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa
kelas VII SMP Negeri 11 Padang menggunakan model Project Based Learning
berbantuan media gambar. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model
Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis
teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang.
Penelitian ini menggunakan tiga teori utama. Ketiga teori itu digunakan
dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini.
Pertama, keterampilan menulis teks berita. Kedua, model Project Based Learning
berbantuan media gambar dalam pembelajaran menulis teks berita. Ketiga,
pengaruh model Project Based Learning berbantuan media gambar terhadap
keterampilan menulis teks berita siswa.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif
dengan menggunakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan
desain penelitian dengan bentuk the posttest only control group design. Sampel
yang digunakan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan dua kelas. Data pada penelitian ini berbentuk skor yang
dikonversi menjadi nilai berdasarkan dua kali uji keterampilan menulis teks berita
pada sampel.
Terdapat tiga hasil penelitian yang kemudian menjadi simpulan. Ketiga
hasil tersebut sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa
tanpa menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar
memperoleh rata rata sebesar 61,02 dengan kualifikasi Cukup (CK). Kedua,
keterampilan menulis teks berita siswa setelah melakukan pembelajaran menulis
teks berita menggunakan model Project Based Learning berbantuan media gambar
memperoleh rata rata sebesar 84,68 dengan kualifikasi Baik (BK). Ketiga, Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning
berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks berita. Hal ini dapat
dilihat nilai t hitung > t tabel (9,77 > 1,69) pada taraf signifikansi α yaitu 0,05 dan
taraf kepercayaan sebesar 95%.
Actions (login required)
|
View Item |