Handayani, Adinda Septa
(2024)
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IV SDN 18 Padang Kunyik Kamang Mudiak.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peseta didik terutama dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan sulitnya guru memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk peserta didik, sulit bagi guru memahami minat dan gaya belajar masing masing siswa . Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran berdiferensasi di kelas IV SDN 18 Padang Kunyik Kamang Mudiak.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif pada peserta didik kelas IV. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas IV SDN 18 Padang Kunyik Kamang Mudiak yang berjumlah 13 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian modul ajar, proses pelaksanaan dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakna yaitu observasi, tes dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dibuktikan dari hasil analisis: a) Pada aspek modul ajar siklus I memperoleh rata rata yaitu 83,33% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,4% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru, siklus I memperoleh rata rata yaitu 85,94% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus 2 yaitu 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB) dan pada aspek peserta didik siklus I memperoleh rata rata yaitu 85,94% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II yaitu 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB), c) Hasil belajar peserta didik siklus I pada aspek sikap memperoleh rata rata 71,97 dengan kualifikasi cukup (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,09 dengan kualifikasi baik (B). Hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I memperoleh rata rata 78,26 dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 90,00 dengan kualifikasi baik(B). Hasil belajar aspek keterampilan pada siklus I memperoleh rata rata 76,21 meningkat pada siklus II menjadi 89,74 dengan kualifikasi baik (B).
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika di kelas IV SDN 18 Padang kunyik Kamang mudiak.
Actions (login required)
|
View Item |