Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Menggunakan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran di SMA Muhammadiyah 09 Kuluh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara Provinsi Sumatera Utara

Warlina, Warlina (2024) Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Geografi Menggunakan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran di SMA Muhammadiyah 09 Kuluh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WARLINA_20045029_7020_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aplikasi tiktok berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Kabupaten LabuhanBaatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunkan penelitian kuantitatif eksperimen. teknik yang digunakan yaitu purposive sampling. jumlah responden 72 siswa. Dibagi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket/kuisioner, soal pretest posttest dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistic deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil yang di dapat yaitu sesuai dengan perhitungan peneliti terdapat pengaruh mianat terhadap hasil belajar geografi menggunakan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran di SMA Muhammadiyah 09 Kualuh Hulu Kabupaten LabuhanBatu Utara provinsi Sumatera Utara. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian nilai skor minat belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional (ceramah). Selain itu, ditinjau dari nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh sebab itu, hipotesis menyatakan bahwa minat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, LailaturUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:11
Last Modified: 17 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54587

Actions (login required)

View Item View Item