Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites pada Materi Masa Kejayaan Islam Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA/MA.

Alvin, Muhammad (2024) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Sites pada Materi Masa Kejayaan Islam Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_3_MUHAMMAD_ALVIN_18004104_4455_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media pembelajarane-learningberbasis Google Sitesdilakukan sebagai upaya dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan penggunaan smartphone yang semakin canggih setiap tahunnya, tidak hanya itu siswa lebih cenderung menggunakan samrtphone baik di sekolah maupun di rumah daripada membaca buku. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajarane-learning berbasis Google Sitespada materi masa kejayaan Islam mata pelajaran PAI kelas XI SMA yang layak dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four D Models) yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap define, design, development dan desseminate.Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli media, 1 orang ahli materi dan 30 orang siswa kelas XI SMA N 1 VII Koto Sungai Sarik. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Berdasarkan hasil uji validitas media dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata 4.92 dengan persentase 98.5%. Penilaian uji validitas materi dinyatakan “sangat layak” dengan rata-rata 46 dengan persentase 92%. Sedangkan penilaian uji praktikalitas dinyatakan “sangat praktis” dengan rata-rata 4.46 dengan persentase 89.2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran ini validdan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
CorrectorAmilia, WinandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN,E-LEARNING, GOOGLE SITES
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:09
Last Modified: 17 Oct 2024 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54572

Actions (login required)

View Item View Item