Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak SMAN 9 Padang pada Materi Ikatan Kimia Fase F

Hasanah, Wardatul (2024) Deskripsi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Penggerak SMAN 9 Padang pada Materi Ikatan Kimia Fase F. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_07_WARDATUL_HASANAH_19035057_5819_2024.pdf

Download (968kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu langkah penting dalam implementasi kurikulum merdeka yang menekankan karakteristik adaptasi metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik selama proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di SMAN 9 Padang pada materi ikatan kimia fase f. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas XI fase F SMAN 9 Padang, sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu peserta didik kelas XI Fase F moving kimia sesi 2 SMAN 9 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada konten dan poses, melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi peserta didik difasilitasi media pembelajaran yang beragam seperti video, papan tulis kecil, LKPD dan buku pegangan peserta didik. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru meningkatkan antusiasme dan kebahagiaan peserta didik, meskipun tidak didasarkan pada pemetaan gaya belajar mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorIswendi, IswendiUNSPECIFIED
CorrectorParbuntari, HestyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak, Ikatan Kimia, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:34
Last Modified: 16 Oct 2024 04:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54547

Actions (login required)

View Item View Item