Damhuri, Nabila Khairiyah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Permainan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa pada Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_04_NABILA_KHAIRIYAH_DAMHURI_19058110_6883_2024.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan permainan wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas oleh Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme Jean Piagent dimana seseorang harus mampu untuk mengkonstruksikan sendiri pemikirannya. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung Tanah Datar pada tahun ajar 2023/2024 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan presentase ketuntasan belajar dalam penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan aplikasi Wordwall pada siklus 1 dan 2. Instrument penelitian yang menggunakan kisi kisi soal test hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Sosiologi siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan permainan Wordwall pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Two Stay Two Stray dengan permainan Wordwall, Pada siklus I pertemuan pertama dengan rata rata hasil belajar dengan persentase 33,3% dan pada pertemuan 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata rata persentase 48,3%. Pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa dengan rata rata persentase 75,8%, dan meningkat pada pertemuan kedua dengan rata rata 78,8%. Adapun selisih rata rata peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II sebesar 45,5%. Rata-rata pada siklus I dari 33,3% menjadi 78,8% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan permainan Wordwall pada Pelajaran sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1 | |||||||||||||||
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. | |||||||||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:48 | |||||||||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:48 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54482 |
Actions (login required)
View Item |