Utami, Leony Tri
(2024)
Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan
Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks
Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga, yakni 1) mendeskripsikan keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci sebelum
menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual, 2)
mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Kerinci sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan
media audiovisual, 3) menganalisis pengaruh model discovery learning
berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah the one group pretest-posttest
design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci
yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 128 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B berjumlah 25 orang. Teknik
pengumpulan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Variabel
penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah
model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Sumber data penelitian
ini adalah hasil tes unjuk kerja siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci menulis
teks berita. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus ratarata
hitung,
uji
persyaratan
analisis
data,
dan
uji-t.
Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama,
keterampilan menulis teks berita sebelum model discovery learning
berbantuan media audiovisual ialah 61,83 yang berada pada kualifikasi
Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks berita sesudah model discovery
learning berbantuan media audiovisual ialah 86,33 yang berada pada
kualifikasi Baik Sekali (BS). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif
(H₁) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1)
karena t
hitung
> t
tabel
(8,39>1,711).
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci sesudah
menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih
baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning
berbantuan media audiovisual. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan
uji-t, t
hitung
> t
tabel
yaitu 8,39>1,711. Dengan kata lain, model discovery
learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan
menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci.
Actions (login required)
|
View Item |