Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci

Utami, Leony Tri (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Leony_Tri_Utami_20016160_7125_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga, yakni 1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual, 2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual, 3) menganalisis pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah the one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 128 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Variabel penelitian ini yaitu keterampilan menulis teks berita sebelum dan sesudah model discovery learning berbantuan media audiovisual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes unjuk kerja. Sumber data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci menulis teks berita. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus ratarata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita sebelum model discovery learning berbantuan media audiovisual ialah 61,83 yang berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks berita sesudah model discovery learning berbantuan media audiovisual ialah 86,33 yang berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H₁) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena t hitung > t tabel (8,39>1,711). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan model discovery learning berbantuan media audiovisual. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, t hitung > t tabel yaitu 8,39>1,711. Dengan kata lain, model discovery learning berbantuan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafrison, MohamadUNSPECIFIED
CorrectorAnggaraini, DewiUNSPECIFIED
CorrectorHenanggil, Mita Domi FellaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:15
Last Modified: 02 Oct 2024 08:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54319

Actions (login required)

View Item View Item