Struktur, Isi, dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman

Syafri, Dian Maulida (2024) Struktur, Isi, dan Kebahasaan Teks Prosedur Siswa Kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DIAN_MAULIDA_SYAFRI_20016204_6690_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks prosedur siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Kedua, mendeskripsikan isi teks prosedur siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan kebahasaan teks prosedur siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian didapatkan dari struktur, isi, dan kebahasaan teks prosedur yang dibuat siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Sumber data dari penelitian yang dilakukan adalah teks prosedur siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pancing. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Data dianalisis dengan cara (1) menyederhanakan data mentah, (2) penyajian, dan (3) menarik dan verifikasi kesimpulan. Berdasarkan analisis ditemukan hasil penelitian berupa tiga hal. Pertama, teks prosedur yang ditulis oleh siswa secara umum sudah mencakup empat struktur yang sudah ditetapkan secara tepat. Kedua, dilihat dari segi isi, teks prosedur siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman pada umumnya sudah menggunakan isi dengan tepat. Buktinya penggunaan isi yang tepat lebih dominan dari ketidaktepatan. Ketiga, kebahasaan teks prosedur masih belum menggunakan kebahasaan secara tepat terutama pada huruf kapital dan tanda baca. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian tersebut yaitu secara umum teks prosedur siswa kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman sudah memiliki struktur dan isi yang baik. Namun, dari segi kebahasaan ketidaktepatan masih tergolong cukup banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:13
Last Modified: 02 Oct 2024 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/54312

Actions (login required)

View Item View Item