Sandi, Tria Sukma
(2019)
Pengaruh LKS Berorientasi Concept Attainment pada
Materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis
untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisiska
Siswa SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Dalam pembelajaran guru masih menggunakan bahan ajar yang belum mampu
melatih siswa dalam memahami konsep-konsep fisika, hal ini terbukti dari motivasi
siswa masih kurang sehingga hasil belajar masih rendah. Rendahnya hasil belajar
siswa mengakibatkan pemahaman konsep yang dimiliki siswa masih rendah.
Penggunaan LKS berorientasi Concept Attainment diharapkan mampu melatih
siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaran fisika.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Eksperimen) dengan desain Ramdomized Control Group Only Design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 2 Solok Selatan yang terdaftar
pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 48 orang. Pengambilan sampel pada
penelitian ini dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah instrumen tes tertulis berbentuk esai. Data pada penelitian ini
dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dalam uji statistik
deskriptif dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan syarta uji normalitas dan uji
uji homogenitas. Uji kesamaan dua rata-rata untuk penentuan besar pengaruh
variabel penelitian terhadapat tingkatan pemahaman konsep.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat dikemukakan hasil dari
penelitian adalah penggunaan LKS berorintasi Concept Attainment pada materi
momentum, impuls, dan getaran harmonis memberikan pengaruh yang berarti
terhadap pemahaman konsep siswa pada taraf kesalahan 5% di kelas X MIPA
SMAN 2 Solok Selatan. Penggunaan LKS berorientasi Concept Attainment materi
momentum, impuls dan getaran harmonis dapat meningkatkan pemahaman konsep
siswa di sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |