Pengaruh LKS Berorientasi Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisiska Siswa SMA

Sandi, Tria Sukma (2019) Pengaruh LKS Berorientasi Concept Attainment pada Materi Momentum, Impuls dan Getaran Harmonis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisiska Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_TRIA_SUKMA_SANDI_14033105_3075_2019.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih menggunakan bahan ajar yang belum mampu melatih siswa dalam memahami konsep-konsep fisika, hal ini terbukti dari motivasi siswa masih kurang sehingga hasil belajar masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa mengakibatkan pemahaman konsep yang dimiliki siswa masih rendah. Penggunaan LKS berorientasi Concept Attainment diharapkan mampu melatih siswa dalam memahami konsep-konsep pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Ramdomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMAN 2 Solok Selatan yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 48 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes tertulis berbentuk esai. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dalam uji statistik deskriptif dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan syarta uji normalitas dan uji uji homogenitas. Uji kesamaan dua rata-rata untuk penentuan besar pengaruh variabel penelitian terhadapat tingkatan pemahaman konsep. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan dapat dikemukakan hasil dari penelitian adalah penggunaan LKS berorintasi Concept Attainment pada materi momentum, impuls, dan getaran harmonis memberikan pengaruh yang berarti terhadap pemahaman konsep siswa pada taraf kesalahan 5% di kelas X MIPA SMAN 2 Solok Selatan. Penggunaan LKS berorientasi Concept Attainment materi momentum, impuls dan getaran harmonis dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Concept Attainment, LKS, Pemahaman Konsep Fisika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:50
Last Modified: 06 Sep 2024 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53877

Actions (login required)

View Item View Item