Pengembangan Media Podcast Video Fisika Inspiratif untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Sekolah Keberbakatan Olahraga

Aini, Mirza (2024) Pengembangan Media Podcast Video Fisika Inspiratif untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Sekolah Keberbakatan Olahraga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Mirza_Aini_19033041_4831_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Masalah utama dalam pendidikan di Sekolah Keberbakatan Olahraga adalah kurangnya minat dan motivasi belajar siswa. Fenomena ini dapat mengakibatkan dampak negatif pada kualitas pembelajaran termasuk pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media podcast video fisika inspiratif untuk Sekolah Keberbakatan Olahraga yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar fisika siswa. Metode penelitian dilakukan melalui langkah-langkah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan analisis permasalahan yang dihadapi siswa. Tahap desain melibatkan pemilihan konten fisika yang relevan dengan olahraga, penyusunan skenario menarik, dan identifikasi sumber daya pendukung. Tahap pengembangan media podcast video fisika inspiratif melibatkan kolaborasi dengan tim ahli fisika dan guru fisika Sekolah Keberbakatan Olahraga. Tahap implementasi dilakukan pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Sumbar (Keberbakatan Olahraga) yang berjumlah 29 siswa untuk diuji coba, sementara tahap evaluasi dilakukan untuk menilai kualitas produk yang diimplementasikan. Instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan media podcast video fisika inspiratif untuk sekolah keberbakatan olahraga adalah Validitas media pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafisan memperoleh nilai 0,76 dengan kategori valid. Praktikalitas media berdasarkan respon siswa memperoleh nilai 78,9 dengan kategori praktis. Efektivitas media efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa terhadap fisika dengan mengalami peningkatan rata-rata minat dan motivasi belajar siswa dari sebelum dan setelah diberikan podcast video. Simpulan dari penelitian ini adalah meskipun media podcast video fisika inspiratif dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap belajar fisika di lingkungan pendidikan sekolah keberbakatan olahraga, pengaruhnya tidak terlalu kuat karena siswa lebih tertarik pada kegiatan olahraga daripada pelajaran akademik seperti fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:06
Last Modified: 29 Aug 2024 06:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53695

Actions (login required)

View Item View Item