Pengaruh Model Learning Cycle 5E Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di SMP Negeri 18 Padang

Sari, Mutia (2019) Pengaruh Model Learning Cycle 5E Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif di SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_MUTIA_SARI_15031112_238_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

SMPN 18 Padang sudah menerapkan Kurikulum 2013, akan tetapi berdasarkan observasi ditemukan pembelajaran bersifat teacher centered, serta peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga kompetensi belajar peserta didik masih rendah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E bermuatan literasi sains yang berpengaruh terhadap kompetensi belajar peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh positif model learning cycle 5E bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi zat aditif dan zat adiktif di SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari sebelas kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk kompetensi pengetahuan adalah soal tes akhir (posttest), kompetensi sikap menggunakan lembar observasi penilaian sikap selama proses pembelajaran di kelas, dan kompetensi keterampilan menggunakan lembar penilaian produk. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Hasil analisis data didapatkan bahwa data kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik homogen dan normal. Hasil uji hipotesis secara berturut-turut diketahui bahwa kompetensi pengetahuan (2,60> 1,67), kompetensi sikap (4,26> 1,67), dan kompetensi keterampilan (3,33> 1,67). Kesimpulan penelitian bahwa melalui model pembelajaran learning cycle 5E bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar peserta pada materi zat aditif dan zat adiktif di SMPN 18 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CreatorPutri, Irma Leilani EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: learning cycle 5E, literasi sains, kompetensi belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:08
Last Modified: 28 Aug 2024 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53640

Actions (login required)

View Item View Item