Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Wulandari, Ayu (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Materi Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_AYU_WULANDARI_15031064_2856_2019.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat dalam proses pembelajaran biologi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Permasalahan tersebut yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) tentang materi sistem pertahanan tubuh di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik tentang materi sistem pertahanan tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam sampel penelitian ini adalah seluruh Kelas XI MIA SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik saturation sampling, sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu Kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk penilaian hasil belajar dan angket untuk penilaian motivasi belajar. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t. Hasil uji t diketahui bahwa pada motivasi belajar t hitung > t tabel (3,28 > 1,67) dan pada hasil belajar t hitung > t tabel (1,90 > 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa kedua hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan yang pertama, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik tentang materi sistem pertahanan tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan taraf kepercayaan 0,05. Kesimpulan kedua, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik tentang materi sistem pertahanan tubuh Kelas XI di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan taraf kepercayaan 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRistiono, RistionoUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT), Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:57
Last Modified: 27 Aug 2024 08:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53588

Actions (login required)

View Item View Item