Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Biologi dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Berbasis Inkuiri untuk Peserta Didik Fase F Semester 1

Ibunda, Masyithoah Restu (2024) Pengembangan Buku Penuntun Praktikum Biologi dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Berbasis Inkuiri untuk Peserta Didik Fase F Semester 1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Masyithoah_Restu_Ibunda_20031152_4427_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktikum merupakan komponen penting dalam pembelajaran biologi. Cara yang digunakan untuk menuntun dan mengarahkan peserta didik dalam kegiatan praktikum adalah dengan penggunaan buku penuntun praktikum. Penuntun praktikum yang digunakan guru dalam kegiatan praktikum berupa LKPD sederhana (memuat tujuan, informasi pendukung, alat dan bahan, cara kerja, serta kesimpulan) dan belum memuat langkah-langkah ilmiah secara lengkap. Padahal, penuntun praktikum yang baik harus memuat langkah-langkah ilmiah salah satunya yaitu dengan pemberian pendekatan saintifik berbasis inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku penuntun praktikum biologi dengan pendekatan saintifik (scientific approach) untuk peserta didik Fase F Semester 1 yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D Models). Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen, 2 orang guru dan 38 orang peserta didik Fase F SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti. Objek penelitian adalah buku penuntun praktikum dengan pendekatan saintifik berbasis inkuiri untuk peserta didik Fase F Semester 1. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain yaitu berupa lembar angket respon guru, lembar angket peserta didik, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil angket respon guru dan analisis angket peserta didik dibutuhkan buku penuntun praktikum agar dapat membantu kelancaran kegiatan praktikum. Setelah buku penuntun praktikum dikembangkan, dilakukan uji validitas dan praktikalitas untuk menilai kelayakannya. Hasil uji validitas menunjukkan rata-rata 93,30% (sangat valid). Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan rata-rata 97,91% dan peserta didik menunjukkan rata-rata 90,21% (sangat praktis). Rata-rata keseluruhan praktikalitas guru dan peserta didik yaitu 94,06% (sangat praktis) Jadi, dapat disimpulkan bahwa buku penuntun praktikum dengan pendekatan saintifik berbasis inkuiri untuk Fase F Semester 1 yang telah dikembangkan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Fitri OlviaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:57
Last Modified: 27 Aug 2024 08:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53585

Actions (login required)

View Item View Item