Pengaruh Kegiatan Show and Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan

Krisdayanti, Lany (2024) Pengaruh Kegiatan Show and Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_LANY_KRISDAYANTI_19022094_1685_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurang berkembangnya kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun.Terlihat pada saat pembelajaran beberapa anak tidak ada keberanian menyampaikan pendapat didepan umum, ragu-ragu untuk menjawab pertanyaan, belum berani mengutarakan pendapatnya kepada teman dan gurunya, tidak percaya dengan kemampuan yang dimilikinya, seperti ketika diberikan tugas anak tidak yakin dengan apa yang dikerjakannya serta tidak berani ketika diminta kedepan saat guru memanggil untuk berpartisipasi di kegiatan dalam kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan show and tell terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experimental. Dalam penelitian ini populasinya terdiri dari seluruh anak di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina 01 Airhaji Pesisir Selatan dengan sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang dari kelas B5 dan 15 orang dari kelas B6, sampel dipilih berdasarkan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik test dan dokumentasi, test yang akan digunakan bersumber dari instrument penelitian yang sebelumnya sudah didiskusikan dengan validator ahli dibidangnya. kemudian data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan effect size. Menurut analisis data ditemukan bahwa nilai awal anak pada treatment di kelas eksperimen sebesar 22,2 dan pada penilaian akhir sebesar 31,06. Sedangkan pada kelas kontrol, rata-rata perolehan nilai kepercayaan diri anak pada awal sebesar 22,2 dan penilaian akhir diperoleh sebesar 27,6. Secara keseluruhan data sudah memiliki distribusi yang normal dan homogen. Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata, didapatkan bahwa nilai signifikansinya adalah 0,002<0,05 sehingga (H1) diterima dan (Ho) ditolak. Kesimpulan penelitian ini bahwa kegiatan show and tell berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak- Kanak Negeri Pembina 01 Air Haji Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahyuddin, NennyUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Aug 2024 09:09
Last Modified: 22 Aug 2024 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53491

Actions (login required)

View Item View Item