Yani, Rahma
(2024)
Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning
(PjBL) Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Populer Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 1 Banuhampu.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut.
Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer pada
kelas eksperimen siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer pada kelas
kontrol siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu. Ketiga, menganalisis
pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap
keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain
penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan
rancangan control group pretest -posttest design. Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu pada tahun ajaran 2023/2024
yang berjumlah 256 siswa yang terbagi menadi 8 kelas. Sampel dalam penelitian
ini ditentukan dengan simple random sampling yang mana kelas VIII.7 sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII.8 sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini
adalah hasil dari keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Banuhampu menggunakan model Project Based Learning (PjBL)
dan hasil keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Banuhampu tanpa menggunakan model pembelajaran atau model
langsung. Data tersebut dianalisis dengan mengubah skor menjadi nilai, rata-rata
hitung keterampilan,uji persyaratan analisis dan uji -t.
Hasil pada penelitian ini ada tiga. Pertama, rata-rata keterampilan menulis
teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu pada kelas
eksperimen sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berada
pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 69.53. Sedangkan ratarata
keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Banuhampu pada kelas eksperimen sesudahnya menggunakan model
Project Based Learning (PjBL) berada di kualifikasi Baik (B) 83.98. Kedua, nilai
rata-rata keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Banuhampu (pretest) pada kelas kontrol tanpa menggunakan model
Project Based Learning (PjBL) berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan ratarata
63,41. Sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis teks artikel ilmiah
populer siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu (posttest) pada kelas kontrol
tanpa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berada pada kualifikasi
Baik (B)dengan rata-rata 77.86. Ketiga, hasil uji hipotesis data antara kelas
eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis data pada kelas eksperimen bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan dk =
(32+32)– 2 karena thitung > ttabel (5,52>1,67). Keempat, Pada uji Normalzed
Gain Score (N-Gain) kelas eksperimen memiliki pengeruh lebih besar
diabndingkan dengan kelas kontrol. Dengan tingkat keefektifan 47% pada kelas
eksperimen sedangkan pada kelas kontrol dengan tingkat keefektifan 39%.
Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh
secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah populer siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Banuhampu.
Actions (login required)
|
View Item |