Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah

Vinanda, Sinthia Gani (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeStudent Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_03_SINTHIA_GANI_VINANDA_1304735_3975_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran disekolah tentu tidak akan berjalan dengan mulus, banyaknya permasalahan yang ditemui di sekolah seperti siswa yangkurang aktif saat proses pembelajaran berlangsung, adanya siswa yang malu bertanya atau takut bertanya kepada guru tentang materi yang diajarkan tetapi hanya bertanya kepada teman sebangkunya. Salah satu upaya yang dilakukan untukmeningkatkan pembelajaran disekolah adalah menerapkan model pembelajaran tipe Student Facilitator And Explaining. Model ini dalam proses pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang lebih rileks, menyenangkan dantidak menakutkan, sehingga siswa dapat memusatkan perhatian secara penuh pada pelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining untuk pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur dengan menelaah artikel yang terkait dengan model Student Facilitator And Explaining. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder berupa artikel yang diambil dari berbagai jurnal.Data dikumpulkan dengan cara mencari penelitian yang terkait dengan model Student Facilitator And Explaining dari berbagai jurnal yang ada. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Student Facilitator And Explaining memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil pembelajaran siswa disekolah. Hal ini terbukti dari hasil analisis artikel yaitu pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining berpengaruh positif terhadap pembelajaran siswa disekolah dalam tingkat Pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorNovrianti, NovriantiUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Student Facilitator And Explaining, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:17
Last Modified: 19 Aug 2024 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53395

Actions (login required)

View Item View Item