Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara

Ayuni. A., Suci (2024) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SUCI_AYUNI_ A_20016112_3019_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Ketiga tujuan tersebut sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa SMA Negeri 1 Rao Utara sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa SMA Negeri 1 Rao Utara setelah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam keterampilan menulis teks biografi siswa SMA Negeri 1 Rao Utara. Terdapat tiga teori utama dalam penelitian ini. Ketiga teori tersebut digunakan dalam menganalisis dan membahas hasil temuan peneliti dalam penelitian ini. Pertama, keterampilan menulis teks biografi. Kedua, model Project Based Learning (PjBL). Ketiga, penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran teks biografi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan sampel tersebut menggunakan purposive sampling. Berdasarkan penganalisisan data dan pembahasan, disimpulkan tiga hal. Pertama, keterampilan menulis teks biografi sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) siswa kelas X SMA N egeri 1 Rao Utara berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 58,13. Kedua, keterampilan menulis teks biografi siswa sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) siswa kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara berada pada kualifikasi Lebih Dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 68,44. Ketiga, hasil uji hipotesis yang dilakukan thitung > ttabel (3,24>1,699) pada taraf signifikansi 95%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Project Based Learning (PjBL)terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rao Utara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHafrison, MohamadUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:50
Last Modified: 15 Aug 2024 08:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53351

Actions (login required)

View Item View Item