Pengembangan Booklet Digital Berbasis Gambar 3 Dimensi sebagai Media Pembelajaran pada Materi Virus untuk SMA/MA

Sakinah, Shalmita (2024) Pengembangan Booklet Digital Berbasis Gambar 3 Dimensi sebagai Media Pembelajaran pada Materi Virus untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SHALMITA_SAKINAH_20031102_2539_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang digunakan untuk meningkatkan minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Keterbatasan media pembelajaran menyebabkan materi biologi sulit untuk dipahami peserta didik. Materi virus merupakan salah satu materi biologi yang memiliki banyak materi dan gambar yang sulit dipahami. Maka diperlukan media pembelajaran yang ringkas dan memiliki gambar yang menarik berupa booklet digital berbasis gambar 3 dimensi sebagai media pembelajaran pada materi virus untuk SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan kepraktisan booklet digital berbasis gambar 3 dimensi sebagai media pembelajaran pada materi virus di SMA Kartika 1-5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang telah dilaksanakan pada Januari – Februari 2024 di SMA Kartika 1-5 Padang. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang dosen biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2 guru biologi di SMA Pertiwi, 1 orang guru biologi di SMAN 2 Sikakap sebagai validator, 2 orang guru biologi dan 32 peserta didik kelas X E5 di SMA Kartika 1-5 Padang sebagai praktikalitas. Objek penelitian ini adalah Booklet digital berbasis gambar 3 dimensi. Data pada penelitian ini adalah data primer. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: hasil validasi ahli materi 90,15% dalam kategori sangat baik, ahli media 94,69% dalam kategori sangat baik, hasil uji praktikalitas guru 95,83% dalam kategori sangat baik, uji praktikalitas peserta didik 89,10% dalam kategori sangat baik. Melalui hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa booklet digital yang dikembangkan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN BOOKLET DIGITAL
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:05
Last Modified: 09 Aug 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53257

Actions (login required)

View Item View Item