Pengaruh Metode Pembelajaran Index Caard Match dalam Pelajaran Al-Qu’an Hadits Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAS Asy Syarif Koto Laweh

Rahmawati, Maulidina (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Index Caard Match dalam Pelajaran Al-Qu’an Hadits Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAS Asy Syarif Koto Laweh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Maulidina_Rahmawati_18329095_337_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya nilai siswa kelas X MAS Asy Syarif Koto Laweh pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits serta kurang bervariasi metode pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan metode Index Card Match 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar menggunakan metode Index Card Match 3) untuk mengetahui pengaruh metode Index Card Match dalam pelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap hasil belajar siswa kelas X MAS Asy Syarif Koto Laweh Tilatang Kamang. Index Card Match merupakan metode mencari pasangan kartu. Metode ini menyenangkan untuk digunakan dalam mengulangi materi pelajaran sebelumnya. Index Card Match bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan juga digunakan untuk materi yang baru di mana pada materi yang baru siswa diperintahkan untuk mencari materi, konsep terkait dengan pelajaran minggu selanjutnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.IPA dan X IPS MAS Asy Syarif Koto Laweh yang digabung menjadi 34 siswa. Teknik Sampel penelitian ini yaitu total sampling sebanyak 34 siswa kelas X MAS Asy Syarif Koto Laweh. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, posttest dan dokumentasi. Analisi data mengunakan analisis regresi linear sederhana, dengan penerapan metode Index Card Match sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat analisis menggunakan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui angket 1) penerapan metode Index Card Match berada pada rata-rata (Mean) 109.65 sebanyak 12% siswa berada pada kategori cukup. 2) Untuk hasil belajar dibutikan dengan rata-rata 90.15 sebanyak 29% siswa berada pada kategori tinggi. 3) Terdapat pengaruh antara metode Index Caard Match dengan hasil belajar siswa kelas X MAS Asy Syarif Koto Laweh dIbutikan dengan uji R square sebesar 0.624 (62.4%) yang menunjukan adanya pengaruh antara variabel independent dan variabel dependen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
CorrectorAlfurqan, AlfurqanUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:05
Last Modified: 30 Jul 2024 05:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53105

Actions (login required)

View Item View Item