Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan E-Newspaper Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Padang

Putri, Finky An Syafana (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan E-Newspaper Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FINKYAN_SYAFANA_PUTRI_19053079_2720_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Inkuiri berbantuan e-newspaper pada siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 3 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I Pertemuan I terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan model pembelajaran inkuiri sendiri terdiri dari enam langkah pembelajaran yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri berbantuan e-newspaper dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I Pertemuan I siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 34% dengan rata-rata 63, pada pertemuan II terjadi peningkatan yaitu 69% siswa yang mencapai nilai KKM dengan rata-rata 78, dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 100% dengan nilai rata-rata 92

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorSofia, NitaUNSPECIFIED
CorrectorRahmidani, RoseUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:03
Last Modified: 16 Jul 2024 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52879

Actions (login required)

View Item View Item