Efektivitas Media Interaktif Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV.

Khairina, Khairina (2024) Efektivitas Media Interaktif Berbasis Power Point dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Benda pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_KHAIRINA_20003020_3660_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari pelaksanaan penelitian ini karena ditemukan seorang anak Tunagrahita ringan di kelas IV SLB N 1 Lima Kaum yang belum mampu membaca dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dikemukakan rumusan masalah penelitian yaitu “ apakah media interaktif berbasis Power Point efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak Tunagrahita ringan kelas IV di SLB N 1 Lima Kaum ?”. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas media interaktif berbasis Power Point dalam meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak Tunagrahita ringan kelas IV di SLB N 1 Lima Kau. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan subjek tunggal atau Single subject Research (SSR) . Penelitian ini menggunakan desain A-B yang terdiri dari dua kondisi yaitu baseline (A) dan intervensi (B). Penggunaan desain A-B disesuaikan dengan tujuan penelitian yang hanya melihat peningkatan kemampuan anak saat menggunakan media Interaktif berbasis Power Point , selain itu anak disabilitas mendapatkan bantuan atau bimbingan guru selama pembelajaran dikarenakan anak belum mampu belajar secara mandiri. Data dalam penelitian akan dikumpulkan dengan Teknik tes dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan dianalisis melalui Teknik analisis dalam kondisi dan Teknik analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca kata benda anak pada kondisi baseline ( A ) didapatkan persentase 40%, 40%, 40%. Pada kondisi intervensi (B) didapatkan persentase 50%, 57%, 60%, 63%, 70%, 77%, 80%, 84%, 87%, 87%, 87%. Berdasarkan data tersebut kemampuan membaca kata benda anak meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa Media Interaktif Berbasis Power Point efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata benda pada anak Tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorKusumastuti, GrahitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA INTERAKTIF, TUNAGRAHITA RINGAN, POWER POINT
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jul 2024 09:33
Last Modified: 09 Jul 2024 09:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52792

Actions (login required)

View Item View Item