Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera

Azola, Yaora (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Yaora_Azola_20004034_3615_2024.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti proses pembelajaran yang cenderung berlangsung dalam suasana yang monoton dan membosankan serta kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan data hasil nilai Ulangan Harian (UH)) kelas VIII dan VIII 2 masih dibawah rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditentukan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera. Metode penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Sutera dengan jumlah populasi sebanyak 128 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu dari dua kelas diambil dengan pertimbangan tertentu yakni kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas VIII sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test siswa pada kelas eksperimen adalah 83 sedangkan rata-rata nilai post-test siswa pada kelas kontrol adalah 75,4. Hasil pengujian menunjukan bahwa t 4,1304 > t 1,6772 pada taraf signifikan α 0,05 atau taraf kepercayaan 95% . Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera. tabel hitung 1 2

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBentri, AlwenUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, SyafrilUNSPECIFIED
CorrectorRahmayanti, ElsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:57
Last Modified: 09 Jul 2024 04:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52790

Actions (login required)

View Item View Item