Peningkatan Hasil Belajar Komik Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Multimedia bagi Peserta Didik Kelas IV Padang Panjang Timur.

Dewi, Athirah (2024) Peningkatan Hasil Belajar Komik Sederhana Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Multimedia bagi Peserta Didik Kelas IV Padang Panjang Timur. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_ATHIRAH_DEWI_20129016_3644_2024.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam seni rupa di kelas IV SDN 8 Padang Panjang Timur, karena guru kurang melibatkan, memperhatikan kemampuan dan gaya belajar peserta didik, serta tidak mengoptimalkan pembelajaran berbasis kelompok. Akibatnya, peserta didik kurang termotivasi, cenderung menunggu arahan guru, dan belum menunjukkan kerja samadalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar komik sederhana menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan multimedia bagi peserta didik kelas IV SDN 8 Padang Panjang Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.Data penelitian berkaitan dengan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan multimedia.Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, dan nontes. Subjek penelitian adalah tiga orang guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan peserta didik kelas IV SDN 8 Padang Panjang Timur yang berjumlah 28 orang meliputi 10 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Hasil penelitian modul ajar pada siklus I memperoleh 87,5% dengan kategori (B) mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 95,83% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru memperoleh persentase 87,5% dengan kualitifkasi (B) meningkat pada siklus II dengan persentase 93,75% dengan kualifikasi (SB). Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh persentase 87,5% dengan kualitifkasi (B) meningkat pada siklus II dengan persentase 93,75% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan hasil belajar jika dilihat dari penilaian sikap pada siklus I terdapat 2 peserta didik yang perlu diapresiasi dan 2 peserta didik yang perlu diberi teguran, begitu juga pada siklus II. Lalu hasil belajar dari penilaian dari aspek pengetahuan dan keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata 75,84 kualifikasi (C) mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 86,43 kualifikasi (B). Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar komik sederhana di kelas IV SDN 8 Padang Panjang Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorHaminah, HaminahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MULTIMEDIA, MODEL PROJECT BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:29
Last Modified: 09 Jul 2024 03:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52785

Actions (login required)

View Item View Item