Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Kota Padang

Utami, Selvina Riska (2024) Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SELVINA_RISKA_PUTRI_UTAMI_19029049_1500_2024.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi yaitu berjumlah 72 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, angket disposisi matematis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data dianalisis dengan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan tiap variabel penelitian dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk melihatt pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa 1,39% peserta didik memiliki disposisi tinggi, 56,94% peserta didik memiliki disposisi matematis yang sedang, dan 41,67% peserta didik memiliki disposisi matematis rendah. sehingga jumlah peserta didik paling banyak memiliki disposisi matematis pada kategori sedang. Untuk kemampuan komunikasi matematis peserta didik diperoleh hasil 1,39% peserta didik memiliki kemampuan komunikasi tinggi, 33,33% peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang, dan 66,67% peserta didik memiliki kemampuan rendah. Sehingga persentase paling tinggi peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis pada kategori rendah. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Kota Padang Tahun Ajaran 2023/2024 yang dapat dilihat dari besar p-value < 0,05 yaitu p-value = 0,000. Berdasarkan nilai R-Square diketahui disposisi matematis berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yaitu sebesar 50,55%, sedangkan sisanya 49,45% dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:18
Last Modified: 25 Jun 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52660

Actions (login required)

View Item View Item