Kontribusi Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Hidayat, Rahmat (2024) Kontribusi Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_09_RAHMAT_HIDAYAT_19073063_1305_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh belum adanya minat siswa tamatan SMK Negeri 2 Payakumbuh untuk berwirausaha. Melihat dari data tamatan Jurusan teknik otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh tahun 2022 masih belum terlihat keinginan siswa yang telah selesai melaksanakan pendidikan di SMK Negeri 2 Payakumbuh untuk berwirausaha,sedangkan siswa telah dibekali pembelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan dan didorong untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) terhadap minat berwirausaha siswa jurusan teknik otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian kuantitatif adalah penelitian metode yang berlandaskan filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui kontribusi mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Besarnya kontribusi ditetapkan melalui koefisien korelasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berkontribusi signifikan terhadap minat berwirausaha siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Hasil penelitian diperoleh nilai korelasi sebesar 0,311 dengan tingkat hubungan rendah. Sehingga dapat disimpulkan tingkat kontribusi pembelajaran produk kreatif dan kewirausahan terhadap minat berwirausaha tingkat pengaruh rendah pada interval 0,20 - 0,399. Dilihat dari hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi yang menunjukan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,19 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa karena nilai R mendekati 1. Nilai R2 sebesar 0,138 yang berarti 19 % variabel pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, NuzulUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin, WakhinuddinUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, NurulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Motivasi belajar, Minat berwirausaha siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:35
Last Modified: 25 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52645

Actions (login required)

View Item View Item