Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem di Fase E

Rahmah, Radhiatur (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Ekosistem di Fase E. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RADHIATUR_RAHMAH_19031040_995_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi merupakan salah satu pembelajaran yang menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah pada proses pembelajaran menekankan pada keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model Problem Based Learning. Selain itu sumber belajar juga memiliki peran penting untuk menunjang hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru dan peserta didik SMAN 1 Lareh Sago Halaban diketahui bahwa peserta didik kesulitan memahami materi ekosistem karena cakupan materi yang cukup luas dan perlu pemahaman konsep yang cukup banyak. Hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem rata-rata belum mencapai sebagian besar ketuntasan. LKPD yang digunakan oleh guru masih berupa kumpulan soal dan belum memuat langkah-langkah pendekatan ilmiah. Hal ini sesuai dengan hasil observasi 81,4% peserta didik menyatakan bahwa LKPD masih berupa kumpulan soal dan belum memuat langkah-langkah pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis PBL pada materi ekosistem di fase E yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah validator dan responden uji praktikalitas produk. Validator terdiri dari 2 orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMAN 1 Lareh Sago Halaban, sedangkan untuk uji praktikalitas 1 orang guru biologi dan 34 orang peserta didik di fase F SMAN 1 Lareh Sago Halaban. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis PBL pada materi ekosistem di fase E. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL pada materi ekosistem di fase E memenuhi kategori sangat valid dengan nilai validitas 95,5% dan sangat praktis dengan nilai praktikalitas 91,2%, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis PBL pada materi ekosistem di fase E yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlberida, HeffiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:45
Last Modified: 14 Jun 2024 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52541

Actions (login required)

View Item View Item