Rizky, Varel Muhammad
(2024)
Efektivitas Media Pembelajaran Counting Box Untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-10 Bagi Anak Cerebral Palsy.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di
SD IT Permata Kita Kota Padang. Seorang peserta didik Cerebral Palsy yang masih
belum maksimal dalam penjumlahan bilangan 1-10. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan 1-10 dengan menggunakan
Media Pembelajaran Counting Box .
Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan
eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain A-B-A.
Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data
berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu
peserta didik cerebral palsy di Kelas II SD IT Permata Kita Padang.
Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan
sebanyak tiga kali pengamatan dan memperoleh persentase stabil 27%. Pada
kondisi Intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan dengan
memperoleh persentase stabil 90% dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan
sebanyak tiga kali pengamatan siswa memperoleh persentase stabil 90%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media pembelajaran Counting Box
dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan 1-10 bagi anak Cerebral
Palsy.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |