Pengaruh Permainan Kartu Ngaji Asyik Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Di Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang

Yanni, Rizka Putri (2024) Pengaruh Permainan Kartu Ngaji Asyik Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Anak Di Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_RIZKA_PUTRI_YANNI_16022042_1563.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang berkembangnya kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak di Taman Kanak-kanak 1-61 Padang. Hal ini tampak ketika anak ditanya beberapa huruf yang berharakat dan hampir sama bentuknya, akan tetapi anak tidak dapat menyebutkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh permainan kartu ngaji asyik terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak di Taman Kanak-kanak Kartika 1-61 Padang. Penelian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas B2 yang menjadi kelas eksperimen dan kelas B1 yang menjadi kelas control dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, berupa instrument sebanyak 7 item peryataan yang kemudian data diolah melalui uji hipotesis (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata (mean) hasil tes kelas ekperimen adalah 24,50 sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata (mean) sebesar 19.22. Data penelitian termasuk dalam data yang normal dan homogen dan terdapat pengaruh yang signifikan yang dapat di buktikan dalam uji hipotesis dengan hasil uji-t sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005, antara hasil kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan kartu ngaji asyik berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirman, AsdiUNSPECIFIED
CorrectorIsmet, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorHartati, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kartu Ngaji Asyik Kemampuan Mengenal Huruf
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 May 2024 02:58
Last Modified: 29 May 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52247

Actions (login required)

View Item View Item