Pengaruh Buku Cerita Sumbang Makan dalam Budaya Minangkabau Terhadap Adab Makan Ditaman Kanak-kanak Hauriyah Halum Padang

Harmita, Silvi (2024) Pengaruh Buku Cerita Sumbang Makan dalam Budaya Minangkabau Terhadap Adab Makan Ditaman Kanak-kanak Hauriyah Halum Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SILVI_HARMITA_19022197_2580_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan dengan kurang berkembangnya adab makan anak pada saat makan anak diTaman Kanak-kanak Hauriyah Halum Padang. Kegiatan yang digunakan guru untuk meningkatkan adab makan pada anak yang belum optimal, seperti kegiatan yang kurang bervariasi hanya menggunakan buku cerita yang berbahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari buku cerita sumbang makan dalam budaya Minangkabau terhadap adab makan ditaman kanak-kanak Hauriyah Halum Padang. Penelitian ini menggunakan jenis Kuantitatif melalui metode quasy experiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data berupa tes. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Padang dengan berjumlah 22 anak, dan sampel kelas B1 dan kelas B2 yang masing-masing dengan jumlah 11 orang anak. Teknik untuk menganalisis data yakni memakai pengujian normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil dari penelitian memperlihatkan dimana pada kelas eksperimen memakai media buku cerita sumbang makan diperoleh nilai rata-rata 19,09 namun pada grup kontrol memakai media buku cerita saat makan Riko diperoleh nilai rata-rata sebesar 16,81 Selanjutnya ditinjau melalui hasil uji-t diperoleh nilai sig (2-tailed) yakni pada angka 0,017 < 0,05. Jadi kesimpulannya ialah nilai signifikan. Dengan demikian media buku cerita sumbang makan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap adab makan anak di Taman Kanak-kanak Hauriyah Halum Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorIsmet, SyahrulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BUKU CERITA SUMBANG MAKAN, ANAK USIA DINI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 May 2024 03:54
Last Modified: 28 May 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52224

Actions (login required)

View Item View Item