Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Kabupaten Aceh Barat Daya

Astafrina, Suci (2024) Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SUCI_ASTAFRINA_20124036_200_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Sehingga mengakibatkan peserta didik kesulitan memahami materi yang disampaikan, sebagian besar tidak mengerti dengan apa yang dibaca dan ditulisnya, peserta didik tidak fokus dan tidak bersemangat dalam belajar yang pada akhirnya berdampak pada rendahnya keterampilan menyimak dan hasil belajar peserta didik. Keterampilan menyimak meliputi proses mendengarkan, memahami, menemukan, dan menginterpretasi. Keterampilan menyimak yang baik maka akan berdampak pada hasil belajar. Maka perlu adanya perhatian khusus untuk keterampilan menyimak di sekolah dasar, salah satunya dengan menggunakan media. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan ialah media video animasi yang memudahkan penyampaian materi dan menarik perhatian peserta didik dengan adanya audio yang bisa disimak dan visual yang bisa diamati sehingga pembelajaran lebih bermakna. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka rumusan masalah dari penelitian ini ialah apakah terdapat pengaruh serta hubungan penggunaan video animasi terhadap keterampilan menyimak dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 5 sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis pengaruh dan hubungan penggunaan video animasi terhadap keterampilan menyimak dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 5 Sekolah Dasar kabupaten Aceh Barat Daya. Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian non equivalent control group desain dimana sampel pada penelitian ini diambil secara tidak acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan video animasi terhadap keterampilan menyimak dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 5 sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari menganalisis hasil lembar observasi pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan rumus statistik uji t pada taraf ɑ = 0,05. Pada lembar observasi belajar peserta didik diperoleh t-test =36,8 ≥ t-tabel 1,68. Sedangkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil t-test = 2,10 ≥ t-tabel = 1.68. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan video animasi terhadap keterampilan menyimak dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Terdapat juga hubungan antara keterampilan menyimak dan hasil belajar berdasarkan hasil korelasi 1 (positif) yang berarti semakin tinggi keterampilan menyimak maka akan semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
CorrectorFitria, YantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO ANIMASI, KETERAMPILAN MENYIMAK, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2024 02:34
Last Modified: 22 May 2024 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52140

Actions (login required)

View Item View Item