Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 25 Pasir Tiku.

Suherni, Hafifah (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 25 Pasir Tiku. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_HAFIFAH_SUHERNI_19129021_778_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, dimana dalam kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu yang meliputi: a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Pengamatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V sejumlah 23 orang yang terdiri dari 10 orang peserta didik perempuan dan 13 orang peserta didik laki-laki. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus mempunyai tahapan, siklus I 2x pertemuan dan siklus II 1x pertemuan. Data penelitian berupa hasil pengamatan RPP, hasil pengamatan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar peserta didik menggunakan model Discovery Learning. Hasil penelitian dapat dilihat dari aspek rencana pelaksanaan pembelajaran di siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata 83,33% dan pertemuan 2 diperoleh rata rata 88,88% siklus II diperoleh 94,44%. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 78,12% dan siklus I pertemuan 2 diperoleh rata rata 87,5% serta pada siklus II meningkat menjadi 93,75% (Sangat Baik). Aspek peserta didik pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata 78,12%% dan siklus I pertemuan 2 diperoleh rata-rata 87,5% , dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%.Hasil belajar peserta didik pada siklus I pada aspek sikap pada pertemuan 1 terdapat 6 orang yang berperilaku negatif kemudian aspek sikap di pertemuan 2 terdapat 5 orang yang berperilaku negatif dan siklus II terdapat 4 orang yang berperilaku negatif dan hasil belajar aspek sikap meningkat, siklus I pertemuan 1 pada aspek pengetahuan dan keterampilan diperoleh rata-rata 76,3% dan pada siklus I pertemuan 2 pada hasil belajar pengetahuan dan keterampilan meningkat menjadi 81,4% serta pada siklus II meningkat menjadi 84,16%. Dengan demikian model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFarida, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorZuardi, ZuardiUNSPECIFIED
CorrectorRahmatina, RahmatinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, TEMATIK TERPADU, DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 May 2024 00:42
Last Modified: 16 May 2024 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51890

Actions (login required)

View Item View Item