Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota Padang.

Dewi, Elma (2024) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_6_ELMA_DEWI_19129108_479_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dikarenakan kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Guru masih belum melaksanakan proses belajar dengan menggunakan model PjBL. Sehingga berakibat terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PjBL pada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD dengan jumlah peserta didik 15 orang, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil penelitian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh rata-rata 77,77% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II 94,44 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil proses pembelajaran aspek guru dan peserta didik siklus I dengan rata-rata 79,68% dengan kualifikasi baik (B) dan siklus II 96,87% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Serta pada hasil belajar siklus I dengan rata-rata 73,48 dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II 88,2 dengan kualidikasi sangat baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di SD Negeri 07 Belakang Tangsi Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIndrawati, TitiUNSPECIFIED
CorrectorYunisrul, YunisrulUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PROJECT BASED LEARNING, TEMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 May 2024 08:11
Last Modified: 14 May 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51856

Actions (login required)

View Item View Item