Pengaruh Strategi Group To Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII pada Materi Mutasi di SMA Negeri 9 Padang

Mahuze, Selvy Silvia Claw (2023) Pengaruh Strategi Group To Group Exchange Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII pada Materi Mutasi di SMA Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_SELVY_SILVIA_CLAW_MAHUZE_17031201_1967_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran biologi di kelas XII MIPA SMA Negeri 9 Padang masih ditemui permasalahan diantaranya peserta didik masih kurang aktif dalam belajar di kelas. Hal ini terjadi karena guru mengajar lebih dominan menggunakan model pembelajaran konvensional dan model lainnya seperti PBL dan Discovery yang menekankan pada metode ceramah dan Tanya jawab yang membuat siswa jenuh. ini berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Pendidik kurang mengaplikasikan strategi pembelajaran yang bervariasi agar membuat siswa lebih aktif. Strategi group to group exchange ini dapat membuat siswa aktif, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh strategi group to group exchange terhadap hasil belajar siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Padang pada pelajaran biologi materi mutasi. Jenis penelitian ini merupakan Jenis penelitian kuantitatif Ekperimen. Metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) Desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi kelas XII MIPA. Sampel penelitian yaitu XII MIPA 1 kelas control 36 siswa XII MIPA 3 kelas eksperimen 36 siswa dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data memakai tes dan observasi, menggunakan instrument tes. Metode analisis data yaitu analisis data deskriptif dan inferensial dengan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan pada hasil belajar penelitian siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol uji analisis statistik deskriptif didapatkan mean kelas eksperimen pretest 40.0897-posttest 87.2186 sedangkan mean kelas kontrol pretest 40.8297-posttest 79. 4411. Hasil uji N-gain score hasil belajar siswa diperoleh mean kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kelas eksperimen sebesar 78.4978 dengan kategory efektif sedangkan kelas kontrol sebesar 64.7783 cukup efektif. Hasil uji hipotesis t (uji paired samples t test) menunjukan sig.(2-tailed) kedua kelas .000<0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi group to group exchange terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada materi mutasi di SMA Negeri 9 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 May 2024 08:00
Last Modified: 03 May 2024 08:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51723

Actions (login required)

View Item View Item