Helmi, Salma Arisa
(2023)
Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran
Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN
20 Sitiung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan observasi yang
dilakukan di kelas IV SD Negeri 20 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, terlihat
bahwa siswa kurang memahami materi pembelajaran IPAS, hal ini disebabkan oleh
media buku paket yang kurang menggambarkan materi pembelajaran dan salah satu
media yang dapat membantu yaitu guru menggunakan media video pembelajaran
dalam proses pembelajaran mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk
mengungkapkan pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran terhadap
hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 20 Sitiung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk
kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 20
Sitiung yang berjumlah 62 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik
total sampling, yaitu seluruh peserta didik diambil sebagai sampel yakni kelas
eksperimen sebanyak 31 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 31 peserta didik.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar
80,403 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 74,67. Dari analisis
uji t diperoleh
Actions (login required)
|
View Item |