Fadhilla, Edelweissa
(2023)
Pengaruh Pembelajaran Gemetri Heorientasi Teori Van
Hiele terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV SDN Gugus II
Lubuk Kilangan Kota Padang.
Skripsi thesis, UNP.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan geometri peserta didik
pada materi keliling dan luas bangun datar dikarenakan proses pembelajaran yang
hanya berpusat pada guru sehingga menjadikan peserta didik yang monoton selama
proses pembelajaran. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan
pengetahuan dan keatifan peserta didik. Teori yang dapat mengatasi permasalahan ini
adalah teori Van Hiele, karena teori ini dapat menciptakan peserta didik yang aktif,
serta penguasaan tahapanya yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh teori Van Hiele terhadap hasil
belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV SDN gugus II Lubuk Kilangan Kota
Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
quasi experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik
kelas IV SDN gugus II Lubuk Kilangan Kota Padang. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling type purposive
sampling dengan kelas IV A SDN 09 Bandar Buat sebagai kelas eksperimen dan
kelas IV B SDN 09 Bandar Buat sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
pada penelitian ini yaitu ujian tulis berbentuk soal objektif. Data dianalisis secara
deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas
serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test).
Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitan
menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen adalah 80,35
sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 68,82. Berdasarkan hasil
pengolahan data dengan menggunakan uji t, bahwa thitung sebesar 2,306 dan ttabel
sebesar 2,06 dengan thitung lebih besar dari ttabel (2,306 >2,06), maka dapat dikatakan
bahwa Ha diterima atau H0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang positif terhadap hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen
yang menggunakan pembelajaran geometri berorientasi teori Van Hiele dibandingkan
dengan kelas kontrol yang pembelajaranya dilaksanakan secara konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |